Seorang hakim telah menyetujui rencana Apple untuk membayar $50 juta untuk menyelesaikan gugatan keyboard kupu-kupu


Rencana Apple untuk membayar $ 50 juta untuk menyelesaikan gugatan class action yang sudah berjalan lama atas keyboard kupu-kupu yang rusak hari ini menerima persetujuan tentatif dari hakim federal California (melalui Hukum 360). Pembayaran tersebut akan mencakup $13,6 juta untuk biaya pengacara, hingga $2 juta untuk biaya litigasi, dan $1,4 juta untuk biaya administrasi penyelesaian, dengan sisanya didistribusikan di antara anggota kelas.


Gugatan tersebut dimulai pada 2018 dan mencakup pelanggan di California, Florida, Illinois, Michigan, New Jersey, New York, dan Washington, yang mengeluh bahwa Apple sangat menyadari mekanisme keyboard yang salah yang digunakan di MacBook Pro antara 2015 dan 2019. Gugatan tersebut diduga bahwa Apple menyembunyikan Kerugian bagi konsumen untuk terus menjual peralatan.

Apple menambahkan keyboard kupu-kupu ke MacBook, MacBook Air, dan MacBook Pro pada tahun 2015 dan 2016, mengklaim bahwa keyboard tersebut menawarkan rasa dan stabilitas tombol yang superior sekaligus memungkinkan desain yang lebih tipis. Segera setelah peluncuran keyboard kupu-kupu awal untuk Mac, pelanggan mengetahui bahwa mereka rentan terhadap kegagalan.

Ribuan orang memiliki masalah dengan duplikasi kunci, kunci lengket, dan kunci yang gagal saat debu dan partikel lain masuk ke mekanisme kupu-kupu. Keluhan menyebabkan kontroversi besar atas teknologi kupu-kupu, dan Apple akhirnya meluncurkan program perbaikan keyboard pada Juni 2018.

Program perbaikan hanya mencakup model MacBook, MacBook Pro, dan “MacBook Air” selama empat tahun, dan Apple mengganti keyboard kupu-kupu dengan keyboard kupu-kupu lain, sehingga beberapa pelanggan mengalami kegagalan berulang yang akhirnya tidak lagi tercakup. Gugatan tersebut menuduh bahwa program perbaikan Apple tidak cukup untuk alasan ini.

Apple mencoba mereplikasi mekanisme kupu-kupu agar lebih tahan lama, jadi total ada tiga generasi keyboard kupu-kupu, tetapi semuanya rentan terhadap kegagalan. Apple harus mengganti keyboard kupu-kupu dengan keyboard sakelar gunting yang lebih andal, dengan perusahaan menghentikan keyboard kupu-kupu terakhir secara bertahap pada tahun 2020. Semua Mac sekarang menggunakan mekanisme sakelar gunting yang tidak memiliki masalah yang sama.

Gunting kupu-kupu


Apple awalnya menyetujui penyelesaian pada pertengahan 2022, tetapi sekarang telah mendapatkan persetujuan awal dari hakim yang mengawasi kasus tersebut. Hadiah untuk pelanggan dari penyelesaian akan bergantung pada jumlah perbaikan yang diperlukan, dengan jumlah hingga $395 bagi mereka yang mengganti dua kotak teratas atau lebih.

Pemilik Mac yang menerima penggantian keyboard kupu-kupu akan mulai menerima pemberitahuan pemutusan pada bulan Desember nanti.



Source link

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *