Pengguna harus menghindari kesalahan saat mengisi baterai ponsel


Menggunakan pengisi daya yang tidak dikenal untuk ponsel cerdas adalah salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan pengguna. Perlu dicatat bahwa situasi ini semakin sering terjadi setelah beberapa produsen, termasuk Apple, memutuskan pengisi daya dari kemasan produk saat menjualnya di pasaran.

Menurut para ahli, pengisi daya mengambang dapat menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas, memengaruhi masa pakai perangkat, dan dalam beberapa kasus menyebabkan ledakan. Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan, pengguna harus memilih pengisi daya hanya dari produsen atau merek terkemuka.

Gunakan baterai hingga penuh atau isi daya hingga 100% lebih sering

Banyak pengguna yang memiliki kebiasaan mencolokkan pengisi daya hanya saat perangkat menampilkan pesan bahwa kapasitas baterai kurang dari 20%. Sementara yang lain selalu mengisi baterai hingga 100%. Para ahli mengatakan bahwa kedua casing tersebut tidak baik untuk masa pakai baterai pada ponsel cerdas.

Kesalahan yang harus dihindari pengguna saat mengisi baterai ponsel - Foto 1.

Menurut para ahli, baterai pada smartphone akan bekerja paling efisien jika memiliki kapasitas antara 20 hingga 90%. Faktanya, banyak model smartphone yang mengalami lag saat kapasitas baterainya rendah.

Para ahli merekomendasikan agar pengguna tidak mengisi daya perangkat semalaman atau mengaktifkan fitur slow charging jika perangkat mendukungnya.

Gunakan ponsel Anda saat mengisi daya

Sebagian besar smartphone saat ini hadir dengan kemampuan untuk menghentikan pengisian daya saat kapasitas baterai mencapai 100%. Namun, ini tidak berarti pengisi daya berhenti bekerja. Saat pengguna terus menggunakan smartphone, charger akan berfungsi kembali.

Oleh karena itu, para ahli menyarankan pengguna untuk tidak menggunakan ponsel selama proses pengisian daya. Tindakan ini dapat menyebabkan perangkat menjadi cepat panas bahkan menyebabkan ledakan dan sangat mempengaruhi masa pakai baterai.

Suhu terlalu tinggi atau terlalu rendah

Suhu memainkan peran penting dalam daya tahan smartphone dan masa pakai baterai. Menurut para ahli, suhu tinggi dapat dengan cepat menurunkan daya baterai, memanaskan perangkat, dan memengaruhi kinerja perangkat. Pada saat yang sama, jika digunakan dalam kondisi suhu yang sangat rendah, masa pakai baterai dan komponen lainnya juga akan terpengaruh.



Source link

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *