Harga iPhone 15 Series mungkin lebih tinggi dari yang diharapkan karena TSMC


Produksi chip secara resmi pindah ke era 3nm. Perusahaan seperti Samsung dan TSMC sudah mulai memproduksi chip yang diproduksi menggunakan teknologi ini.

Sepertinya TSMC akan mulai memproduksi chip seri iPhone 15 dengan teknologi 3nm untuk Apple. Meskipun ini bagus untuk kinerja dan efisiensi energi, namun berdampak pada biaya. Saat TSMC beralih dari pembuatan wafer 7nm ke 3nm, harganya akan berlipat ganda.

Pabrikan chip terbaik di dunia, TSMC, akan menggunakan proses tercanggih untuk membuat chip A17 Bionic yang dibuat Apple untuk seri iPhone 15. Sederhananya, semakin sedikit tombol pemrosesan, semakin terang warnanya. di dalam chip. Ini berarti lebih banyak transistor dapat ditempatkan di dalam chip, membuatnya lebih bertenaga dan menggunakan lebih sedikit daya. Karena itu, semakin banyak prosesor canggih yang tersedia setiap tahun.

Misalnya, iPhone 11 memiliki 7nm A13 Bionic SoC yang dirilis pada 2019 dan setiap chip berisi 8,5 miliar transistor.

Baik TSMC dan Samsung ingin mulai memproduksi chip 2nm pada tahun 2025, dan chip 1nm kemungkinan akan tersedia pada tahun 2030. Meskipun perubahan ini membawa banyak manfaat, namun juga disertai dengan biaya. Berita terbaru menunjukkan bahwa TSMC ingin menagih lebih dari $20.000 untuk chip 3nmnya. Ketika pengecoran berpindah dari 7nm ke 5nm, harga chip naik dari $10.000 menjadi $16.000, meningkat sebesar 60%.

Sekilas, biaya ini tidak ada artinya bagi pengguna akhir, tetapi harganya tetap harus naik. Dari sana, iPhone 15 dan model kelas atas lainnya akan lebih mahal.

Posting terkait





Source link

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *