Apa itu Windows Halo? Penjelasan tentang sistem keamanan biometrik



Windows Hello adalah salah satu fitur pertama yang menyapa Anda saat membuka kunci PC atau laptop. Tapi apa itu?

Baca terus untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui, termasuk apa itu, cara kerjanya, apa fungsinya pada data Anda, dan seberapa aman Keamanan Windows sebenarnya.

Apa itu Windows Halo?

Windows Hello adalah sistem masuk Microsoft untuk PC Windows 10 dan Windows 11. Ini mendukung metode autentikasi biometrik—seperti pengenalan wajah, pemindaian iris, dan sidik jari—yang membantu memastikan bahwa tidak ada yang dapat mengakses laptop Anda.

Metode ini lebih cepat, lebih mudah, dan secara umum dianggap lebih aman daripada memasukkan kata sandi biasa.

Selain wajah atau sidik jari, Windows Hello mengharuskan pengguna untuk mengatur PIN. Tidak seperti kata sandi akun Microsoft, PIN ini hanya dikaitkan dengan satu perangkat, yang berarti Anda tidak perlu khawatir akun Anda akan terbuka jika seseorang berhasil membuka kunci komputer Anda.

Tentu saja, opsi masuk Windows Hello yang Anda lihat akan bergantung pada perangkat keras perangkat Anda. Jika PC atau laptop Anda memiliki pembaca sidik jari, Anda dapat menggunakan sidik jari untuk membuka kunci perangkat, sementara Anda memerlukan kamera inframerah untuk mengatur pengenalan wajah.

Apakah Windows Hello aman?

Menurut Microsoft, Windows Hello bekerja dengan mengambil data rekaman dari kamera, sensor iris, atau pembaca sidik jari dan membuat grafik yang dienkripsi dan disimpan di perangkat tersebut.

Di halaman dukungannya, perusahaan mengatakan bahwa mereka tidak menyimpan gambar wajah, iris, atau sidik jari penggunanya di perangkat atau di mana pun, dan menyatakan bahwa tidak ada informasi yang dapat mengidentifikasi fitur ini yang keluar dari perangkat.

Microsoft mengumpulkan data diagnostik tentang cara orang menggunakan Windows Hello, tetapi pengguna dapat memilih untuk menyisih jika mereka tidak tertarik.

Meskipun ini semua terdengar bagus dan bagus, peneliti keamanan telah berhasil menipu Windows Hello di masa lalu, mengungkap kelemahan keamanan.

Pada tahun 2021, CyberArk Labs dapat menangani proses autentikasi dengan mengambil gambar wajah pemilik PC dan menyambungkannya ke perangkat USB khusus untuk meneruskannya ke autentikator, mendapatkan akses ke perangkat tersebut.

CyberArk mencatat bahwa tidak ada bukti bahwa kerentanan ini telah dieksploitasi pada saat ditemukan, tetapi ini menunjukkan bahwa metode biometrik pun dapat ditipu.

Namun, ini tidak sesederhana mengunggah gambar wajah Anda ke kamera, dan bagi banyak pengguna tampaknya seseorang akan dapat menebak kata sandi Anda daripada mencoba meluncurkan serangan canggih di komputer Anda.

Namun, merupakan ide bagus untuk menyadari semua risiko saat memilih cara terbaik untuk melindungi perangkat Anda. Windows Hello juga sepenuhnya opsional, jadi Anda tidak perlu menggunakan metode biometrik jika merasa tidak nyaman dengan Microsoft yang menangani data Anda dengan cara ini.



Source link

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *