Ada kekurangan iPhone 14, pengguna Vietnam beralih membeli iPhone lama


Pada awal November, Apple mengeluarkan siaran pers yang mengatakan bahwa pasokan iPhone 14, terutama duo iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max, terpengaruh karena salah satu pabrik perakitan utama di China terpaksa ditutup akibat wabah COVID-19. .

Kekurangan barang menyebabkan pengecer di Vietnam mengumumkan penundaan pengiriman model iPhone 14 Pro dan Pro Max dari 2 menjadi 3 minggu. Diketahui, pasokan iPhone 14 bisa berkurang hingga 30%, dan kelangkaan itu bisa berlanjut hingga akhir tahun.

Kelangkaan iPhone 14, iPhone lama jadi “panas” lagi

Berbicara kepada wartawan, Mr. Nguyen Lac Huy, Telecom Representative of Mobile Retail System, mengatakan hingga saat ini agen dan distributor belum memiliki informasi mengenai iPhone batch berikutnya. Pelanggan yang memesan iPhone 14 Pro dan Pro Max, terutama versi ungu 128GB dan 256GB, harus menunggu lebih lama dari yang diharapkan.

Mr Huy mengatakan bahwa meskipun iPhone 14 Pro langka dalam pasokan, banyak pengguna Vietnam telah beralih ke lini iPhone lama seperti iPhone 13 dan iPhone 12. Namun, lini iPhone lama sekarang dihentikan, sehingga dengan daya beli yang besar, penjualan harga iPhone sedang tren iPhone ini sedang naik daun akhir-akhir ini.

iPhone 14 kekurangan pasokan, pengguna Vietnam beralih untuk membeli iPhone lama - Gambar 1.

Pengguna Vietnam tertarik dengan model iPhone lama karena pasokan iPhone 14 Pro sedikit – Gambar: The Duyet

“Fakta bahwa seri iPhone 14 langka dan iPhone 13 baru tidak tersedia di sebagian besar rumah lain membuat token iPhone lama seperti 13 Pro Max bekas menjadi item populer yang banyak dibeli pelanggan. Itu juga merupakan model yang menyumbang proporsi yang besar, sekitar 40%-45% dari penjualan iPhone lama. Akhir-akhir ini ada fenomena harga cenderung naik tipis karena permintaan terlalu besar.”Pak Huy co.

Mr Nguyen The Kha, Director of Mobile Communications Department FPT Store System, mengatakan bahwa iPhone 13 Pro Max masih mencatatkan penjualan yang baik. Sedangkan untuk segmen mid-range, iPhone 11 masih masuk dalam jajaran 10 besar smartphone terlaris dalam sebulan terakhir.

Hati-hati dengan item iPhone yang asalnya tidak diketahui

Sementara pedagang tidak memiliki barang untuk mengembalikan pelanggan, pasar iPhone “pasar gelap” masih relatif “ramai”. Model asli VN/A iPhone 14 Pro Max dijual dengan harga tinggi, mulai dari 33 – 34,5 juta VND untuk versi 128 GB dan 36 – 37 juta VND untuk versi 256 GB. Bahkan pasar gelap juga banyak bermunculan model iPhone 14 dari pasar lain seperti Korea, Jepang, Singapura… dengan harga lebih murah dari versi asli Vietnam sebesar 3 hingga 4 juta VND.

Sedangkan untuk lini iPhone bekas, ini masih menjadi barang yang populer di kalangan konsumen Vietnam karena harganya yang murah, terutama lini iPhone lama, berbagai model, datang dari berbagai pasar, dapat dibeli dan dijual secara online. Namun, bahan ini memiliki banyak risiko karena tidak diketahui asalnya.

iPhone 14 kekurangan pasokan, pengguna Vietnam beralih untuk membeli iPhone lama - Gambar 2.

Hati-hati saat memilih model iPhone lama dan bekas – Foto: The Duyet

“Beli dan jual online memiliki risiko seperti memindahkan tumpukan tanpa mesin, membeli barang konstruksi, barang portabel, atau barang dengan segel… Sebagian besar barang ini tidak dijamin di Vietnam menurut peraturan. Peraturan Apple”Tuan Nguyen Lac Huy berkata.



Source link

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *